Thursday, June 27, 2013

Homemade Dolma ala Daya in Kurdistan





 Hari ini sepulang  me dari Hospital, me menyempatkan diri mampir ke rumah Daya, Ibunya Taxi Driver, me kangen sekali dengan Ahmed, Balita ganteng nan semok itu.. dan sesampainya disana ternyata hanya ada adiknya Sana dan Sara, sedangkan Daya sedang ke pasar, setelah menunggu kurang lebih 5 menit Daya datang membawa Arabana (Tas belanja yang digeret). disambut dengan suka cita cipika cipiki tentunya.. dan ternyata hari ini Daya akan membuat Dolma, ituloh makanan khas Kurdistan yang pernah ada di album me sebelumnya, wah.. seneng banget ga disangka bisa langsung praktek dengan warga asli kurdi yang notabene udah sering buat. 

Setelah cerita ngalor ngidur dan merayu-rayu Daya agar buat Dolmanya sekarang ketika me ada disana, akhirnya Daya luluh juga.. dengan di bantu Sana dan Sara dengan sigap langsung membawa bahan-bahan untuk di olah menjadi Dolma, pertama-tama Daya mengeluarkan Daging Sapi yang ada sedikit lemaknya dipotong kecil-kecil tapi tidak terlalu halus, sedangkan Sana dan Sara beserta me membantu memotong sayuran untuk dikeluarkan isi dalamnya sedangkan luarnya sebagai bahan pembuatan Dolma tersebut, wah.. takjub me melihat mereka bekerja, dengan sigap dan cepat isi perut buah timun, terong, paprika hijau dan juga bawang bombay dilepaskan selembar demi selembar dalam waktu 5 menit, dan ternyata dolma akan dibuat sebanyak satu panci penuh.. walaaahhh.. hebat bener yang makan ini sih.. segitu banyaknya langsung habis hanya untuk disantap makan siang aja.
ini me share resepnya Daya ya...

Bahan-bahan

3 buah Terong (dipotong 2 dan dikeluarkan isinya)
2 buah Timun (dipotong 2 dan dikeluarkan isinya)
10 Paprika hijau (di belah ujungnya dan dikeluarkan isinya)
bila suka paprika kuning dan merah boleh juga
Daun
1 ikat seledri
500 gram Daging sapi sedikit lemak (potong tipis dan kecil-kecil)
3 mug beras cuci bersih
minyak goreng secukupnya
Garam (ilmu kira-kira)
Merica (ilmu kira-kira)
1 klg Tomato Paste 
Lemon Citrun secukupnya
Air secukupnya

Cara buat :
-  Cuci bersih beras
-  Masukkan daging yang sudah di potong-potong, seledri, garam, merica, tomato paste, lemon citrun, dan minyak goreng.
- Aduk rata semua bahan beri air sedikit, jangan terlalu banyak asal basah saja.
- bila sudah terasa teraduk rata, masukkan bahan ke dalam buah2an yang sudah dikeluarkan isinya
- isi setengah saja lalu tutup dengan bagian sayuran lainnya.
- bila sudah terisi semua kukus sampai matang.
- Sajikan hangat.

setelah selesai me pamit pulang dan ijin akan kembali untuk makan siang bareng dengan Daya sekeluarga, dan ketika waktunya makan siang me datang kembali dan benar saja di rumah Daya sudah banyak anak-anaknya berkumpul untuk makan siang bersama, sudah menjadi kebiasaan dan adat istiadat bagi mereka makan pagi, siang dan malam dilakukan bersama-sama, dan uniknya bagi mereka yang sudah berkeluarga di persilahkan datang untuk makan bersama tanpa memberi bantuan seperti misalnya uang atau bantuan membantu Daya memasak, hanya bagi mereka yang belum berkeluarga bagi anak laki-laki di wajibkan memberi penghasilan hariannya kepada Daya atau Baba dan juga adik perempuannya selama mereka belum menikah dan diharuskan tetap tinggal di rumah orangtua mereka, tetapi kelak mereka sudah menikah maka kewajiban memberi orangtua dan adik perempuannya akan hilang, karena di anggap tanggung jawab anak laki-laki sudah beralih ke istri mereka masing-masing dan di perkenankan tidak tinggal lagi serumah dengan orangtua mereka. hmmm... kalau begitu caranya kapan uangnya bisa ditabung untuk biaya beli rumah, mobil, menikah dan lain-lain ya.. hihihi....

Sekian deh ya report dari me hari ini, menjadi pengalaman luar biasa buat me... amazing

Storyoflove#erbil2013






Taraaaa... inilah penampakan Dolma... Very...very sour...
but if u like it u can make by ur taste not by recipes



No comments: