Monday, March 04, 2013

Homemade Tahu/Tofu Made in Erbil

Minggu lalu me berhasil buat tempe homemade by me, sedikit banyak harus telaten dan benar-benar mengetahui ukuran gram ragi tempe untuk perkilo kedelainya, karena apabila salah maka yang terjadi adalah tempe akan menjadi bau, busuk, hanya tumbuh sebagian jamur berwarna putih, dan lain-lain.

Nah minggu ini me praktek buat tahu sendiri, kali ini me ngintip link nya disini, dari sekian banyak link pembuatan tahu, link ini termasuk yang paling mudah dan gampang untuk di ikuti, me mengikuti cara pembuatannya sama percis dengan yang ada di link tersebut, dan hasilnya bisa dilihat dibawah :


1. Rendam Kacang Kedelai kurang lebih 6 jam, me merendam semalaman karena males nungguin kalo rendamnya pagi ..hehhe...
2. Setelah di rendam, di cuci bersih sampai kulitnya mengelupas setelah itu di blender dengan komposisi 1:2 artinya misalnya 1 gelas kedelai maka airnya sebanyak 2 gelas, kemudian di blender sampai halus kurang lebih 2-3 menit. (me lupa ambil gambarnya ;-))
3  Setelah semua kedelai selesai di blender maka di rebus, tidak usah sampai mendidih karena temperatur mempengaruhi (itu sih yang me baca di beberapa link)
4 Setelah muncul gelembung mendidih, matikan kompor diamkan beberapa saat.
5. Setelah dingin sari kedelai diberi Citric acid, atau perasan jeruk lemon, atau bisa dengan air cuka, maka akan membentuk gumpalan-gumpalan.





6. ketika sudah di dinginkan, kemudian di saring dan di cetak, kebetulan me tidak punya tempat ukuran kotak dan bolong dibawahnya seperti di link, jadi me memakai saringan kelapa dan diberi pemberat di atasnya supaya tahunya menjadi padat, menunggu hingga hampir 4 jam dan tahu yang di inginkan pun jadi dengan sempurna, wah.. betapa senangnya.
dan akhirnya tahu/tofu bundar pun jadi, dan menjadi pelengkap makan malam me hari ini bersama keluarga. rasanya pun hmmm... tahu banget, tidak ada rasa asam, dan tidak juga terlalu halus seperti tofu pada waktu itu me beli di suatu mall di sini (ada di blog sebelumnya). 

ohya.. sisa dari ampas tahu tadi, me jadikan perkedel kedelai, diberi bumbu-bumbu dan di goreng, menjadi temen cemilan dan bisa buat temen makan me krucil, selain higienis juga sehat karena di buat dari tangan mamanya sendiri hihihi.....

Dan endingnya akhirnya berhasil lagi praktek homemade bahan makanan indonesia, pertama kali di coba dan berhasil, luar biasa senangnya. Alhamdulillah...




#madebyme#amateurchief#8:30pm

No comments: