Thursday, March 21, 2013

Newroz - Tahun Baru Kurdish



Setiap tahun pada tanggal 21 Maret, orang-orang Kurdi dan orang lain di seluruh Timur Tengah merayakan Festival Nowruz. Ini menandai awal Tahun Baru Kurdi dan bertepatan dengan awal Tahun Baru Iran dan telah mulai membawa makna simbolis untuk Kurdi Irak.


Hari Nowruz (Hari Tahun Baru) adalah hari pertama dari Kalender Hijriah (21 Maret) dan dirayakan oleh bangsa Persia, Kurdi dan Turki sama. Nowruz adalah kata Farsi, dengan "Sekarang-" yang berarti baru, dan "-ruz" yang berarti "cahaya pagi" menandakan datangnya hari baru.

Menurut Otoritas Umum Statistik Pariwisata di Wilayah Kurdistan Irak, lebih dari 150.000 wisatawan datang ke Daerah Kurdistan selama hari Nowruz .
Semua jalan-jalan yang dihiasi dengan lampu, jutaan bunga, dan bendera Kurdi (merah, hijau dan putih dengan disk matahari kuning di tengah). Hewan disembelih dalam persiapan untuk pesta itu.
Setiap tahun Pemerintah Daerah Kurdistan Irak memberikan dukungan kepada lembaga-lembaga seni dan budaya sehingga mereka dapat mengatur berbagai acara dan kegiatan untuk memperkaya perayaan Nowruz.
Setelah hanya dirayakan untuk satu hari, perayaan Nowruz sekarang peregangan selama lebih dari 10 hari setelah kementerian pendidikan sekolah memberikan istirahat 12-hari musim semi yang bertepatan dengan liburan. Di samping itu, sekarang ada tiga-hari resmi libur untuk semua institusi pemerintah 20-22 Maret.
Lembaga pemerintah Federal di Baghdad masih merayakan Nowruz untuk satu hari. Pada hari itu, semua instansi pemerintah dan departemen diberi hari libur resmi, seperti pemerintah daerah, yang memberikan libur tiga hari.The Festival Nowruz showcase Kurdi warisan dan bahasa dengan meletakkan pada konser penyanyi dan mengundang dan band dari masyarakat Kurdi dari negara-negara tetangga dan non-Kurdi dari luar negeri untuk berpartisipasi dalam upacara budaya dan seni. Tahun ini di Erbil, Irak Kurdi berharap untuk masuk ke Guinness Book of World Records untuk terpanjang dabke (tarian rakyat di mana peserta bergandengan tangan) dengan 5.000 pria dan wanita muda mengelilingi Benteng Arbil di hadapan Guinness special komite . Taher Abdullah, Deputi Gubernur Erbil, mengatakan kepada Al-Monitor bahwa dengan dabke mereka berharap untuk menjaga warisan Kurdi hidup melalui tarian rakyat, mendorong kaum muda untuk mengambil kebanggaan dalam warisan mereka dan menampilkan budaya mereka kepada dunia.

Selama perayaan Nowruz, Kurdi don tradisional longgar Kurdi pakaian, terutama wanita, yang menghabiskan bulan mempersiapkan pakaian mereka untuk acara tersebut. Banyak pengunjung dari dunia Arab dan di tempat lain juga memakai pakaian tradisional Kurdi selama perayaan Nowruz. Pakaian khas untuk seorang pria Kurdi terdiri dari kemeja lengan panjang, celana longgar, dan rompi yang terbuka di bagian dada dan lipatan ke dalam band pinggang, yang terdiri dari sepotong kain 4-5 meter dibungkus beberapa kali di sekitar pinggang. Wanita Kurdi biasanya memakai warna-warna cerah, dengan fitur yang paling membedakan dari pakaian mereka menjadi jubah, longgar berwarna-warni yang membentang dari bahu mereka ke tanah. 

Cerita tentang asal mula Nowruz lebih lengkapnya me ambil dari sebuah situs  yang sudah me translate ya.. kalo mau versi nginggrisnya disini

Tahun Baru Kurdi

Bagi orang-orang Kurdi, Tanggal 21 Maret merupakan sesuatu yang khusus di hati mereka, karena ini adalah Tahun Baru mereka. Dalam Kurdi, hari Tahun Baru disebut Newroz, yang berarti hari baru. Newroz telah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak 612 SM Adalah penting bagi orang Kurdi bukan hanya karena itu adalah awal tahun baru mereka, tetapi juga karena menandai hari bahwa keberadaan mereka di akui secara nasional untuk pertama kalinya. pada hari itu di 612 SM  nenek moyang mereka bersatu Kurdi untuk melawan dan memberontak melawan kekuatan besar terkemuka pada saat itu, kekaisaran Asyur dan merupakan konfederasi prinsip Median. Kemenangan melawan kekaisaran ini mengakibatkan pembebasan bagi rakyat daerah ini. Ini adalah alasan mengapa rakyat Kurdistan, Iran dan Afghanistan merayakan Newroz merayakan dengan cara berbeda.
Ada sisi lain dari Newroz. Newroz jatuh pada hari pertama musim semi. Musim semi adalah waktu transformasi di Bumi. Setelah musim dingin dan gelap di pegunungan Kurdistan, musim semi membawa kehangatan dan kehidupan baru ke tanah dan orang-orang yang kepercayaan terikat dengan alam. Bagi mereka yang belum pernah melihat musim semi Kurdistan sulit membayangkan. Keindahan tak terlukiskan.
Ada sebuah legenda Kurdi populer dikenal sebagai "Blacksmith Kavah dan Zohak" yang menjelaskan asal Newroz. Legenda ini telah diwariskan dari generasi ke generasi. Sekarang Kurdi membacakan kisah Kavah Blacksmith dengan emosi yang mendalam dirasakan.

Menurut legenda, pernah ada seorang raja yang jahat dengan nama Zohak yang memperbudak Kurdi dan membawa penderitaan besar bagi masyarakat daerah. (Zohak adalah sosok simbolis untuk kekejaman, penyiksaan dan perbudakan rakyat.) Doa harian diadakan di mana orang memohon kepada Allah untuk membantu mereka menyingkirkan Zohak. Suatu hari, seorang pahlawan yang populer dengan nama Kavah Blacksmith, memimpin orang-orang dalam pemberontakan melawan Zohak dan berhasil sekitarnya tempatnya. Kavah kemudian berlari melalui para penjaga Zohak dan meraih leher Zohak dengan tangan yang kuat. Dia memukul kepala Zohak dengan palu yang dibawanya dan menyeretnya turun dari tahta jahatnya. Dengan perbuatan heroik, Kavah membebaskan semua orang dan menyatakan kebebasan bagi masyarakat. Api ditetapkan pada puncak-puncak gunung untuk mengirim pesan untuk memberitahu orang-orang di seluruh daratan bahwa Zohak sudah mati. Sejak hari ditetapkan bahwa Newroz telah menjadi hari pembebasan dan kebebasan.
Ini adalah salah satu dari banyak versi tentang kisah Kavah Blacksmith dan pembebasan dari orang-orang di Kurdistan. Hari ini, Newroz merayakan telah menjadi acara penting dalam kehidupan bangsa Kurdi. Setelah Perang Dunia I, perbatasan Kurdi ditentukan oleh kekuatan politik regional dan internasional, sehingga disuniting rakyat Kurdi. Hari ini, Kurdistan dibagi menjadi lima wilayah yang telah diduduki oleh Iran, Irak, Turki, Suriah, dan Uni Soviet. Dengan demikian, Newroz dirayakan di lima wilayah yang terpisah di timur tengah.
Festival Newroz dianggap tidak sah di beberapa bagian dari daerah Kurdistan. hari National ini dilarang oleh pemerintah Turki sejak tahun 1923. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang Kurdi dari utara-barat Kurdistan menunjukkan pertahanan yang luar biasa terhadap aturan agresif. Dalam Newroz 1982, salah satu pendiri asli dari "Partai Pekerja Kurdi dan Perjuangan Pembebasan" membakar dirinya sampai mati untuk merayakan Newroz dan salut dengan perjuangan kontemporer. Wilayah ini juga mengakui Mazlum Dogan, yang juga membakar dirinya, sebagai "Kavah" kontemporer melawan dominasi kolonial. Sejak itu, banyak pemuda dan perempuan membakar diri untuk memberi hormat dan merayakan perjuangan kemerdekaan pada Newroz di utara barat Kurdistan.
Dalam perayaan Newroz banyak pesan utama telah persatuan rakyat. Pada tahun 1988, empat hari sebelum Newroz, di selatan Kurdistan, lebih delapan ribu orang Kurdi dibantai oleh senjata kimia. Hari ini ribuan korban masih menderita dari tindakan tidak manusiawi oleh pemerintah Irak. Serangan ini tidak mengganggu pembuatan uang oleh negara-negara Barat, sehingga tidak diumumkan kepada warga negara tersebut. Oleh karena itu, pemerintah Amerika Serikat, yang menyadari serangan ini, sama bersalah sebagai penyerang Irak.
Narcicuss Spring
Newroz Tahun 1992 memiliki arti tertentu untuk utara-barat Kurdistan, karena ini adalah hari "pengkhianatan". Untuk pertama kalinya dalam tujuh puluh tahun, pasukan keamanan Turki, polisi dan tentara, setuju untuk mengizinkan untuk perayaan Newroz secara damai. Namun, ternyata mereka menyerang warga sipil Kurdi tak berdaya. Pemerintah Turki, pada kenyataannya, tidak ingin warga sipil untuk menentang otoritas mereka dengan merayakan Newroz. Ratusan orang terluka dan terluka, termasuk seorang wartawan Barat, anggota dari sebuah organisasi hak asasi manusia, dan parlemen barat anggota. Ada 103 kematian dalam serangan ini. Orang Kurdi yang mengumumkan serangan ini kepada publik dieksekusi. Dengan demikian, perayaan ini Newroz tahun 1992 memakan korban Kurdi  dan hilangnya nyawa.

Newroz Tahun 1995 tidak berbeda dari beberapa tahun terakhir sejak Iran, pemerintah Irak, dan Turki masih terus meneror orang Kurdi. Dalam beberapa bulan terakhir, orang Kurdi telah merekam mengintimidasi pembangunan militer yang telah terjadi di tengah-tengah Kurdistan dari kekuatan agresif. Senin ini masa lalu, 20 Maret pemerintah Turki sekali lagi menyerang Kurdi. Warga sipil tak berdaya dihadapkan dengan tiga puluh lima ribu tentara militer Turki yang telah maju 40 km ke asrama Kurdi dalam waktu tiga hari. Lebih dari 200 warga Kurdi tewas dalam serangan ini oleh Turki. Semoga hidup mereka berada dalam ingatan kita. Sementara Turki dikritik karena serangan terhadap Kurdi, Amerika Serikat meminta Ankara untuk menjaga operasi sebagai terbatas mungkin ketika mereka bisa menghentikan sama sekali. Ini adalah salah satu alasan mengapa Newroz telah menjadi simbol untuk perjuangan dan kemerdekaan. Semakin banyak orang percaya bahwa Kurdi untuk menghancurkan kesatuan Kurdistan  perlu diubah untuk satu batas tidak lima perbatasan.
Sebuah pepatah Cina mengklaim bahwa perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah. Hal ini berlaku untuk Newroz yang dimulai sebagai satu hari dalam setahun. Newroz adalah satu langkah menuju pembebasan manusia dan negara. Dalam 2.607 tahun yang telah berlalu, keyakinan kita mengenai Newroz tetap sama. Ketika kita merayakan Newroz, kita masih merayakannya sebagai Tahun Baru dan sebagai hari persatuan nasional dan revolusi yang mengarah pada kebebasan untuk Kurdi di masa lalu dan akan mengakibatkan kebebasan sekali lagi di masa depan.

Garis Sosial

Kurdistan adalah nama dari daerah yang membentang dari pegunungan Taurus di sebelah barat Turki ke dataran tinggi barat Iran di timur, dan dari Gunung Ararat di Turki timur laut dari ke dataran Irak modern di selatan.Ini adalah daerah sekitar 533, 000 Km persegi. yang, secara politik dan ekonomi, dibagi di antara lima negara yang terpisah, Turki, Iran, Irak, Suriah, dan Armenia di perapian Timur Tengah.

Kurdistan adalah berada dalam sumber daya air terbanyak. Kedua sungai terkenal Eufrat dan Tigris berasal dari dataran tinggi Kurdistan.
Iklim Kurdistan memiliki dua pola, semi kering dan musim panas-kering. Suhu di musim dingin turun di bawah -35 º C sedangkan di musim panas meningkat setinggi 45 º C.
Kurdistan memiliki berbagai sumber daya mineral. Yang paling penting dari semua deposito adalah minyak. Bahkan, cadangan minyak terbesar di Timur Tengah adalah Kurdistan. Deposit minyak Kurdistan peringkat ke-6 di dunia. Deposito signifikan lainnya di Kurdistan adalah: besi, batu bara, timah dan tembaga. Juga Kurdistan adalah mencapai dalam magnesium, seng, perak uranium, dan emas.
Populasi Kurdi adalah lebih dari 30 juta. Sekitar 14 juta di Turki, 9 juta di Iran, 6 juta di Irak, 2 juta di Suriah dan 100.000 di Armenia.
Bahasa Kurdi adalah kurdish yang merupakan bahasa indo-Eropa dengan dua dialek kurmangi utama dan sorani. Kurmangi diucapkan di utara Kurdistan, sedangkan sorani adalah di selatan.
Sebelum munculnya islam sebagian besar Kurdi memeluk Zoroastrianisme dan beberapa orang Kristen dan Yahudi. Hari ini 75% dari Kurdi adalah muslim yang taat, 15% adalah shiai Muslim, 4% adalah atheis, 3% adalah Home Fleuri dan 3% beragama Kristen dan lain-lain.

Hmm... membaca cerita di atas membuat me semakin terkagum-kagum dengan Negara baru ini, semakin membuat me penasaran saja untuk mempelajarinya. oh..ya.. hari ini hari Kamis sedari pagi terasa sepi jalanan tanpa lalu lalang kendaraan, karena apartement  yang kami tinggali tepat di pinggir jalan utama karena Festival Nowruz yang di adakan biasanya antara tanggal 18 - 24 Maret, Festival ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi orang-orang Kurdi, terutama di Turki dan Suriah. Meskipun perayaan bervariasi, pada umumnya orang-orang berkumpul untuk menyambut kedatangan musim semi dengan memakai pakaian berwarna warni dan menari bersama-sama. ah... senangnya...


http://en.wikipedia.org/wiki/Newroz
http://www.al-monitor.com
http://ion.uwinnipeg.ca/~rvakili/Kurdistan.html

Iraq


No comments: