Tuesday, February 05, 2013

Homemade Pangsit Goreng and Siomay Goreng

Me lagi seneng cooking nie, semua serba di coba, entah itu masakannya berhasil atau gagal, yang penting usaha masak jalan terus, selama si ayah and  mba putri sebagai komentator yang selalu setia memberikan kritikan kalo masakannya kurang enak atau jempolan untuk masakan yang mereka rasa enak, hihi.. takut ga dimasakin lagi kali ya..
 seminggu lalu ketika me jalan-jalan ke Majidi Mall, me mampir ke City Marketnya, biasanya mata me langsung tertuju ke bagian ikan segar, dan biasanya me suka mencari udang, karena memang hanya bisa di dapat  di Supermarket seperti ini, di pasar ga ada yg jual, nemunya ikan lagi ikan lagi, atau memang me yang belum tau untuk toko seafood semacam itu di negara ini di jual di daerah mana, nah kembali ke udang tadi, pas lagi pilih-pilih kok mataku ngeliat ikan semacam ikan tenggiri gitu.. wah.. seneng banget, bisa buat tekwan atau pempek nih pikirme, harganya lumayan mahal untuk ikan seperti itu disini, ga tau kenapa mahal ya.. mungkin jauh dari laut kali ya... ah.. yang penting tu ikan ada lah... akhirnya me pilih ikan yang terkecil deh.



sampai rumah si ayah mau di buatin pempek, ah.. ayah.. ngalah dulu ya... lagi pengen siomay nie yah.. minggu depan aja kalo dapet ikan tenggiri lagi kita buat yah...  hehehe... si ayah ngacir aja..
akhirnya.. sibuk deh me cari resep di mbah gogel, cari sana sini.. eh nemu nih.. kayanya enak dan gampang buatnya, kebetulan bahannya juga ga gitu susah di dapet, ada di dapur semua.. yuukk ah.. capcus...
kalo mau liat resep aslinya disini ya... tapi biar me inget dan ga bulak balik liat si mbah gogel, mending me catet di blog me deh...



Cara membuat pangsit goreng GM
Adonan pangsit setelah di giling... 
lumayan cape juga ternyata harus  giling manual



Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu
1 kuning telur
50 gram margarin lelehkan
100 ml air
1/2 sdt garam



Bahan Isi Pangsit :
125 gr udang, buang kulitnya cincang halus  - resep asli   
Abis di giling, kulit pangsit di isi adonan 
udang dan ikan tenggiri, lalu kukus deh
500 gr ikan tenggiri ( ini sih maunya aku, biar berasa ada bau-bau ikannya )
1 btr telur
2 sdm tapioka
1 bh daun bawang iris halus
merica dan garam secukupnya
minyak wijen 1/2 sdm



Cara Membuat :



- Haluskan udang dan ikan tenggiri, lalu campur dengan minyak wijen, telur, tapioka, garam , merica dan daun bawang , aduk-aduk hingga rata, diamkan dulu beberapa saat.
- lalu untuk kulit pangsit, masukkan tepung terigu, kuning telur, margarin, air dan garam, aduk-aduk rata hingga kalis
Taraaaa... jadi deh pangsit goreng dan siomay gorengnya... 
hmmm yummy... nunggu tukang tester dateng  hihi...
- pipihkan adonan kulit dengan menggunakan mesin pembuat mie, atau dengan kayu untuk memipih adonan , lalu potong menjadi 10 x 10
- panaskan minyak goreng , masukkan pangsit yang sudah di potong tadi.
- jika akan membuat pangsit goreng isi udang, isi adonan pangsit dengan 1 sdt udang yang sudah di haluskan, dan rekatkan,  bentuk sesuai selera, dan siap-siap di goreng.
- masak hingga kecoklatan, balik-balik


#madebyme#amateurchefs#11:08 pm, 


No comments: